Kelas : 1EB19
Nama
Kelompok: Fandy Pratama (22211680)
Daud
Raynaldo (21211754)
Agus Soleh (20211381)
Steven
Andreas (26211900)
Tugas Minggu 1
1.
Bisnis bermakna
“the buying and selling of goods and services”,kegiatan membeli dan menjual
barang-barang dan jasa-jasa, pada dasarnya tingkah laku manusia dalam menjalin
hubungan dengan orang lain dengan tujuan memperoleh suatu jenis barang atau
jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara tukar-menukar barang ataupun
dengan menggunakan uang seperti pada saat ini,maksud dari pada bisnis adalah
hubungan antar manusia untuk memperoleh sumber daya yang tersedia di masyarakat
melalui proses yang namanya tukar-menukar,jual-beli akan suatu barang atau jasa,karena pada
dasarnya sumber daya yang tersedia jumlahnya relative terbatas sedangkan
kebutuhan manusia tidak terbatas,maka dari itu manusia harus mencari cara dalam
memenuhi kebutuhan hidupnya agar tercipta kepuasan yang maksimum,salah satu
cara adalah melakukan kegiatan yang namanya bisnis.
2.
Bisnis pertama
muncul pada era masyarakat primitif, kemudian masyarakat barter, masyarakat
spesialisasi & diferensiasi, serta berkembang menjadi masyarakat yang sudah
menggunakan alat pembayaran berupa uang.
3.
Jenis bisnis
berdasarkan kegiatan: bisnis ekstraktif,bisnis agraris {bisnis di bidang
pertanian},bisnis jasa {bisnis di bidang jasa},dan bisnis industry {bisnis yang
kegiatannya mengolah bahan baku dan memproduksi suatu barang} ,berdasarkan
kegunaan atau manfaat: Kegunaan bentuk,kegunaan tempat,kegunaan waktu,dan
kegunaan pemilikan.
4.
Sistem Ekonomi
adalah perekonomian yang diatur oleh suatu Negara atau di organisasi yang
dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya,pandangan politik,dan ideology ekonomi yang
dianut oleh suatu bangsa. Sistem perekonomian yang banyak dianut oleh Negara
didunia ada tiga bentuk yaitu system pasar bebas,system ekonomi campuran,dan
system ekonomi terpusat.
5.
Tujuan kebijakan
bisnis adalah melindungi usaha kecil-menengah, melindungi lingkungan hidup
disekitarnya, melindungi konsumen dan pendapatan pemerintah.
Tugas Minggu 2
1.
Faktor lingkungan internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi kegiatan
suatu perusahaan serta contoh kasusnya adalah
Lingkungan Eksternal, adalah
lingkungan perusahaan yang tidak berpengaruh langsung terhadap kegiatan
perusahan. Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
Lingkungan
eksternal makro
Lingkungan eksternal makro adalah lingkungan
eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
- Keadaan alam, seperti SDA, lingkungan.
- Politik dan hankam, seperti kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada.
- Hukum
- Perekonomian
- Pendidikan dan kebudayaan
- Social dan budaya
- Kependudukan
- Hubungan internasional.
Lingkungan
eksternal mikro
Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal
yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
- Pemasok/supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
- Perantara, misalnya distributor, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
- Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
- Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
Lingkungan Internal, adalah faktor-faktor
yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
- Tenaga kerja
- Peralatan dan mesin
- Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
- Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
- System informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
2.
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi
yang menggunakan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang/jasa untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memperoleh laba. Contohnya adalah
perusahaan jasa yang bergerak di bidang pelayanan jasa, perusahaan dagang yang kegiatanya adalah
jual-beli barang dagang, perusahaan industri
yang mengolah bahan baku menjadi produk yang dibutuhkan masyarakat.
3.
Yang termasuk faktor produksi dan peruntukannya masing-masing adalah Manusia:
tenaga kerja/konsumen, Uang: Modal Usaha, Material: tanah & sumber alam, Metode: inisiatif
produktif, ide, pengambilan keputusan, menanggung resiko.
4. Perbedaan dan contoh PRODUCER ORIENTED APPROACH dan
CONSUMER ORIENTED APPROACH adalah
PRODUCER ORIENTED APPROACH atau Pendekatan yang berorientasi pada produsen yaitu kegiatan produsen dalam
menawarkan barang daganganya kepada konsumen, contohnya
pedagang kaki lima yang menawarkan baju kepada para konsumen dengan harga
terjangkau.
Sedangkan CONSUMER ORIENTED
APPROACH atau pendekatan yang berorientasi pada konsumen adalah
keinginan para konsumen untuk membeli suatu barang yang dijual produsen, contohnya yang ada di pasar tradisional, para
konsumen yang menginginkan suatu barang yang dibutuhkan.
Tugas Minggu 3
1. Yang dimaksuk
bentuk yuridis, lembaga keuangan bank, dan lembaga non bank serta contohnya
adalah
·
Bentuk yuridis merupakan
bentuk perusahaan seperti perusahaan perorangan, persekutuan, perseroan,dll.
·
Lembaga keuangan bank adalah lembaga
intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima
simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal
sebagai banknote. Contohnya, Bank Umum dan Bank Perkreditan
Rakyat.
·
Lembaga
Keuangan Non Bank adalah badan usaha yang melakukan kegiatan di bidang
keuangan, secara langsung ataupun tidak langsung, menghimpun dana dari
masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat untuk kegiatan produktif.
Contohnya, asuransi, pegadaian, dana
pensiun, reksa dana, dan bursa efek.
2. Yang dimaksud
dengan merger, kartel dan joint ventura adalah
·
Merger adalah penggabungan
dua perusahaan menjadi satu, dimana perusahaan yang me-merger mengambil atau
membeli suatu assets dan liabilities perusahaan yang di-merger dengan begitu
perusahaan yang me-merger memiliki paling tidak 50% saham dan perusahaan yang
di-merger berhenti beropersi dan pemegang sahamnya menerima sejumlah uang tunai
atau saham di perusahaan yang baru. Contohnya,
·
Kartel merupakan persekutuan
antara beberapa perusahaan sejenis dibawah suatu perjanjian tertentu.
·
Joint Ventura merupakan bentuk
kerjasama antara beberapa perusahaan yang berasal dari beberapa negara menjadi
satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih
padat.
3.
Perbedaan firma dan cv serta perbedaan
PT dan yayasan adalah
·
Perbedaan Firma dan CV adalah
Firma adalah sebuah bentuk persekutuan untuk menjalankan
usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama. Pemiliki firma
terdiri dari beberapa orang yang bersekutu dan masing-masing anggota
persekutuan menyerahkan kekayaan pribadi sesuai yang tercantum dalam akta
pendirian perusahaan, sedangkan
CV
(commanditaire vennootschap) atau Persekutuan
Komanditer suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang
yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang
menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.
·
Perbedaan
PT dan Yayasan adalah
PT atau Perseroan Terbatas adalah suatu persekutuan
untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri darisaham-saham, yang
pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya, sedangkan
Yayasan adalah badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan yang bersifat sosial, keagamaan
dan kemanusiaan, didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang
ditentukan dalam undang-undang.
4.
Cara kerja leasing motor adalah
Motor yang
ia tarik pun ada kriterianya,yaitu motor yang ada didata yang tunggakanya
diatas 6 bulan keatas. Motor itu tidak mungkin ditemukan di rumah konsumen
karena biasanya motor itu sudah berpindah tangan atau dijual tanpa BPKB dan
sudah digadaikan oleh pihak pertama. Sebenarnya ada pihak resmi dari
leasing,tetapi hanya berfokus pada masalah angsuran. Jika motor mengalami
masalah penunggakan antara 1-3 bulan maka pihak kolektorlah yang bertugas untuk
menagih. Namun jika sudah 4 bulan turunlah SKP(Surat Kuasa Penarikan) yang
dikeluarkan oleh leasing. Motor yang sudah ditarik oleh debt collector
lalu diberikan ke pihak leasing ,maka motor tersebut ditahan oleh leasing dan
leasing akan memberikan jangka waktu selama 7 hari untuk melunasi sisa
tunggakan angsuran motor tersebut. Jika dalam waktu 7 hari nasabah tidak bisa
memenuhi kewajibanya melunasi sisa tunggakan maka motor tersebut akan dilelang.
Lelang motor yang bermasalah diikuti oleh semua orang,tidak ada ketentuan
khusus untuk mengikuti lelang motor yang diselenggarakan leasing. Jika sudah
terjual maka uang hasil lelang tersebut digunakan untuk melunasi tunggakan
angsurang ke dealer. Prosedur ini yang kebanyakan terjadi di dunia leasing.
Yang berhak menarik pengadilan bukan debt collector.
Tugas Minggu 4
1. Perbedaan kewiraswastaan, wiraswasta,
dan wiraswastawan adalah
·
Kewiraswastaan kemampuan dan kemauan seseorang untuk
menanggung resiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan uang, waktu, usaha
untuk memulai suatu perusahaan.
·
Wiraswasta
adalah pemilik usaha yang dirintisnya sendiri
dengan memanfaatkan sumber-sumber daya yang ada, bertanggung jawab atas
usahanya dan tidak terlepas dari risiko.
·
Wiraswastawan
adalah seseoranng yang memiliki kemampuan dari manusia yang lain seperti
kemaupuan berdiri diatas kekuatan sendiri, mengambil resiko, menentukan tujuan,
memiliki semangat bersaing, kreatif dan inofatif.
2. Yang dimaksud franchising,
franchisor, dan franchisee adalah
·
Franchisor atau
pemberi waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada
pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan
intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
·
Franchisee
atau penerima waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak
untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau
penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.
·
Franchising
adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau
menggunakan hak dari kekayaan intelektualyang dimiliki pihak lain dengan suatu
imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam
rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
3. Lima contoh Franchising dalam negeri untuk bidang makanan, jasa
kecantikan, dan pendidikan adalah
·
Bidang makanan: California
Fried Chicken, Beef Bowl, Isabento, Es teler 77, King Friend Chicken &
Steak, Mie Tek Tek, Holland Bakery.
·
Bidang
jasa kecantikan: Meji Mejiku Nail Salon, Aesthedica Skin Care, Pure Beauty
Care, VZ Skincare, Mustika Ratu.
·
Bidang
pendidikan: Global Art, Primagama, LPIA, Ganesha, Al-Azhar.
4. Yang dimaksud perusahaan kecil adalah
perusahaan yang berdiri sendiri, investasi modal terbatas, daerah operasi
lokal, dan ukuran secara keseluruhan relatif kecil.
Lima contoh
perusahaan kecil yang ada disekitar kampus Gunadarma adalah usaha percetakan
dan fotocopy, usaha pengetikan, usaha rumah makan, usaha kaki lima, dan usaha
rental komputer.
Tugas Minggu 5
1. Fungsi manajemen dan aplikasinya pada
diri sebagai seseorang mahasiswa serta manfaatnya adalah
·
Planning (Perencanaan): Merupakan proses kegiatan
pemikiran, dugaan dan penentuan prioritas-prioritas yang harus dilakukan secara
rasional sebelum melaksanakan tindakan yang sebenarnya.
·
Organizing (Pengornisasian): Proses penyusunan pembagian kerja
ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan orang yang
menduduki fungsi-fungsinya tersebut secara tepat.
·
Directing (Pengarahan): Mengarahkan bawahan, sehingga
pimpinan secara manusiawi bisa mengikat bawahan untuk bekerja sama secara
sukarela menyumbangkan tenaganya seefisien dan seefektif mungkin untuk mencapai
tujuan organisasi.
·
Coordinating (Pengkoordinasian): Agar terdapat komunikasi atau
kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiataan sehingga tercapai
tujuan organisasi.
·
Controlling (Pengawasan): Perbaikkan-perbaikkan yang perlu
dilakukan jika terjadi penyimpangan pelaksanaan dari perencanaan.
2. Latar belakang sejarah manajemen
adalah
Fredrick
Winslow Taylor “Bapak” manajemen ilmiah. Publikasi: Principles of Scientific
Management (1911). 5 Prinsip Manajemen Taylor :
1.Mengembangkan
sains bagi setiap elemen kerja individu, yang akan mengganti metoda
rule-of-thumb yang lama.
2.Memilih
kemudian melatih, mengajar, dan mengembangkan pekerja secara ilmiah.
3.Bekerjasama
secara tulus dg pekerja demi menjamin semua pekerjaan yang dilakukan sesuai dg
prinsip-prinsip ilmiah yang telah dikembangkan.
4.Membagi
kerja dan tanggungjawab secara sama antara manajemen dan pekerja.
5.Manajemen mengambil alih seluruh pekerjaan pada saat hal itu lebih layak dilakukan ketimbang para pekerja.
5.Manajemen mengambil alih seluruh pekerjaan pada saat hal itu lebih layak dilakukan ketimbang para pekerja.
3. Ciri ketrampilan yang dibutuhakan
manajer profesional adalah
DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
a.
Pemimpin Lambang (Figurehead), Kepala Simbolis ; diperlukan
untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan sosial.
b.
Pemimpin (Leader), Bertanggung jawab untuk
memotivasi dan mengaktifkan bawahan ; bertanggung jawab untuk mengisi posisi
yang kosong (staffing), melatih dan tugas-tugas yang terkait.
c.
Penghubung (Liaison), Memelihara suatu jaringan kontak
luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan dan informasi.
DENGAN
INFORMASI
a.
Pemantau (Monitor), Sebagai pusat saraf informasi
internal dan eksternal tentang organisasi.
b.
Penyebar (Dissiminator), Meneruskan informasi yang
diterima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organisasi.
c.
Juru bicara (Spokesperson), Meneruskan informasi kepada
orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan dan hasil organisasi.
DENGAN
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
a.
Wirausaha (Entrepreneur), Mencari kesempatan dalam
organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai “proyek-proyek perbaikkan”
untuk menimbulkan perubahan.
b.
Pengendali Gangguan (Disturbance Handler),
Bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan
mendadak dan penting.
c.
Pengalokasi Sumber Daya (Resource Allocator),
Bertanggung jawab terhadap alokasi segala sumber daya organisasi.
d.
Perunding (Negotiator),Mewakili organisasi pada
perundingan-perundingan utama.
4. Organisasi adalah suatu kerjasama
sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat
dengan peraturan yang ada. Organisasi juga dapat diartikan sebagai suatu wadah
atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang
telah ditetapkan bersama.
Elemen-elemennya
adalah interaksi manusia, kegiatan yang mengarah pada tujuan, dan struktur
organisasi itu sendiri.
Tugas Minggu 6
1. Perbedaan pasar dengan pemasaran
adalah pasar merupakan kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang
mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat
merealisasikan pembelinya. Sedangkan pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk
menjalankan bisnis (profit ataupun non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar
dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta
mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai
tujuan perusahaan.
2. Pasar industri
adalah pembelinya bisa individu, lembaga atau organisasi. Mereka membeli barang
untuk dipakai sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk
digunakan memproduksi barang lain yang kemudian dijual ke konsumen. Biasanya
barang yang dibeli adalah barang industri. Contohnya sabun dan vaselin untuk usaha
cuci motor atau gula, buah-buahan dan es batu untuk usaha juice.
Pasar Penjual Adalah sebuah pasar
yang terdiri atas individu atau organisasi yang membeli barang-barang dengan
tujuan dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan keuntungan atau laba.
Contohnya anda buka grosir buah murah, anda jual ke pedagang eceran. Membeli
kepiting bakau dari pengepul di Kalimantan, kemudian dijual ke eksportir.
3. Yang dimaksud konsep inti pemasaran
adalah
·
konsep
produksi: konsumen menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan
dan manajemen berkonsentrasi pada efisiensi produksi dan distribusi;
·
konsep
produk: konsumen menyukai produk yang bermutu dan kinerja baik serta
keistimewaan yang mencolok, manajemen harus memperbaiki terus-menerus
produknya;
·
konsep
penjualan: konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen
melakukan usaha promosi dan penjualan yang baik dan
·
konsep
pemasaran: Penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan
secara lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing.
4. Empat variabel bauran promosi adalah
·
Produk:
Suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk
bungkus warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan
dan pengecer yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau
kebutuhan.
·
Harga:
Sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang
besarta pelayanannya.
·
Promosi:
Arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang
atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
·
Saluran
Distribusi: Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan dari
produsen ke konsumen atau pembeli industri.
5. Beberapa alternatif sistem pemasaran
adalah
·
Memaksimumkan
Konsumsi: Pekerja pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum
akhirnya, menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum.
·
Memaksimumkan
Kepuasan Konsumen: Memaksimumkan kepuasan konsumen bukan konsumsi, untuk
mengukur kepuasan konsumen tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki
barang tersebut.
·
Memaksimumkan
Mutu Hidup: termasuk didalamya kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga pokok
barang, mutu lingkungan fisik, dan mutu lingkungan kultur.
Tugas Minggu 7
1. Faktor-faktor penunjang perkembanagan
manejemen produksi yaitu, adanya pembagian kerja dan spesialisasi, revolusi
industri, perkembangan alat dan teknologi termasuk komputer, juga perkembangan
ilmu dan metode kerja.
2. Pergertian produksi adalah suatu
kegiatan atau proses yang mentransformasikan masukan (input) menjadi keluaran
(output). Dalam arti sempit produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang
baik barang setengah jadi, barang jadi, barang industri, suku cadang, dan
komponen penunjang. Contoh dari produksi
adalah
·
Ulat
sutra menghasilkan benang sutra, lalu benang sutra diolah menjadi kain,
kemudian kain dibentuk menjadi pakaian.
·
Pohon
karet menghasilkan getah karet, lalu getah karet diolah menjadi keret, kemudian
dibentuk menjadi ban sepeda, ban motor, ban mobil, dll.
·
Gandum
menghasilkan biji gandum, lalu biji gandum diolah menjadi tepung gandum, tepung
gandum diolah menjadi berbagai jenis makanan.
·
Seekor
sapi dapat menghasilkan susu, lalu susu diolah menjadi keju dan mentega,
kemudian keju dan mentega diolah menjadi berbagai jenis makanan.
·
Seekor
domba dapat dimanfaatkan bulunya, lalu bulu domba diolah menjadi benang wol,
kemudian benang wol diolah lebih lanjut menjadi berbagai macam pakaian.
3. Proses produksi terus-menerus adalah
proses produksi barang atas dasar aliran produk dari satu operasi ke operasi
berikutnya tanpa penumpukan disuatu titik dalam proses. Pada umumnya industri
yang cocok dengan tipe ini adalah yang memiliki karakteristik yaitu output direncanakan
dalam jumlah besar, variasi atau jenis produk yang dihasilkan rendah dan produk
bersifat standar. Contohnya industi otomotif, industri air mineral, industri
portland cement, industri susu, industri makanan, dan industri ban.
4. Empat macam pengambilan keputusan
adalah pengambilan keputusan atas peristiwa yang pasti, pengambilan keputusan
atas peristiwa yang mengandung resiko, pengambilan keputusan atas peristiwa
yang tidak pasti, dan pengambilan keputusan atas peristiwa yang timbul karena
pertentangan dengan keadaan yang lain.
5. Ruang lingkup menajemen produksi
yaitu, seleksi dan design hasil produksi, seleksi dan perangcangan proses serta
peralatan, pemilihan lokasi perusahaan serta unit produksi, perangcangan tata letak dan arus kerja dan
proses, perancangan tugas, serta strategi produksi dan operasi serta pemilihan
kapasitas.
Tugas Minggu 8
1. Yang dimaksid dengan nilai waktu uang
adalah konsep yang menjabarkan bahwa uang yang tersedia pada saat ini lebih
berharga dibandingkan uang dalam jumlah sama yang tersedia di masa yang akan
datang.
2. Arti bunga jika seseorang menabung
sejumlah dana di bank yaitu balas jasa yang diberikan oleh bank yang
berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual
produknya.
3. Yang dimaksud nilai waktu uang yang
akan datang adalah nilai uang dimasa yang akan datang dari uang yang diterima
atau dibayarkan pada masa sekarang dengan memperhitungkan tingkat bunga setiap
periode selama jangka waktu tertentu.
4. Contoh kasus untuk mengaplikasikan
soal nomor 3 adalah Sebuah perusahaan memperoleh pinjaman modal dari suatu bank
sebesar Rp 5,000,000 untuk mebeli peralatan produksi dengan jangka waktu 5
tahun bunga yang dikenakan sebesar 18 % per tahun berapa jumlah yang harus
dibayar oleh perusahaan tsb pada akhir tahun ke 5?
FV = Po (1+i)n
FV = Rp 5,000,000 (1+0.18)5
FV = Rp 11,438,789
Jadi jumlah yang harus dibayarkan perusahaan kepada bank sebesar
Rp 11,438,789
5. Yang dimaksud dengan nilai tunai
anuitas adalah kontrak di mana perusahaan asuransi memberikan pembayaran secara
berkala sebagai imbalan premi yang telah Anda bayar. Anuitas umumnya dibeli
untuk pendapatan pensiun. Anuitas digunakan untuk usaha di bidang asuransi.
Tugas Minggu 9
1. Manajemen keuangan adalah segala
kegiatan menajemen yang berkaitan dengan aktifitas mencari dana dengan biaya
seefisien mungkin dan aktifitas menggunakan dana seefektif mungkin. Keputusan
menajer keuangan adalah keputusan pembelanjaan (financing), keputusan
pembiayaan (investasi), kebijakan deviden (deviden policy). Seorang menajer
keuangan berkaitan erat dengan perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian,
dan pengendalian keuangan.
2. Yang dimaksud dengan kapital
budgeting adalah penggunaan dana atau modal yang waktu kembalinya lebih dari
satu tahin (jangka panjang). Dengan kata lan berrkaitan dengan keputusan
investasi pada aktiva tetap. Metode perhitungannya yaitu: Metode Average of return, Metode waktu
pengembalian investasi, Metode net present value, Metode Profitability Index,
dan Metode internal Rate of Return.
3. Alasan manajer keuangan mencari dana
adalah untuk membiayai kegiatan perusahaan yaitu investasi dan membayar deviden
kepada para pemegang saham.
Tugas Minggu 10
1. Metode pendekatan sumber daya manusia
adalah
·
Pendekatan
sumber daya manusia pengelolahan dan pendayagunaan sumber daya manusia,
martabat dan kepentingan manusia tidak diabaikan.
·
Pendekatan
Manajerial, analisis prestasi pekerja dan kehidupan kerja karyawan tergantung
pada atasan.
·
Pendekatan
sistem, personalia merupakan subsistem dari sistem prganisasi atau perusahaan,
perlu dievaluasi dengan kriteria besarnya kontribusi yang dibuat.
·
Pendekatan
proaktif, dapat meningkatkan kontribusi kepada karyawan, menajer, dan
organisasi melalui antisipasi pada masalah yang timbul.
2. Organisasi membuat rancangan kompensasi
bagi karyawannya karena untuk menarik karyawan yang cakap ke dalam organisasi,
memotivasi karyawan untuk mencapai prestasi unggul, dan mencapai masa dinas
yang panjang.
3. Perbedaan analisis beban kerja dan
analisis tenaga kerja adalah analisis beban kerja meliputi peramalan penjualan,
penyusunan jadwal waktu kerja, dan penentuan jumlah tenaga kerja untuk membuat
satu unit barang. Sedangkan analisis tenega kerja meliputi perhitungan jumlah
tenaga kerja yang sesungguhnya dapat tersedia pada satu periode.
4. Yang akan dilakukan karyawan jika
terjadi ketidak sepakatan dengan perusahaan tempat mereka bekerja yaitu boikot,
pemogokkan, penghasutan, dan memperlambat kerja.
5. Hubungan yang mengatur antara tenaga
kerja dengan manajer suatu perusahaan adalah Closed Shop Agreement, Union Shop
Agreement, dan Open Shop Agreement.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar