Senin, 28 November 2011

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU Ke 1 - 10


Kelas  : 1EB19
Nama Kelompok:     Fandy Pratama       (22211680)
                                     Daud Raynaldo       (21211754)
                                     Agus Soleh               (20211381)
                                     Steven Andreas       (26211900)

Tugas Minggu 1

1.     Bisnis bermakna “the buying and selling of goods and services”,kegiatan membeli dan menjual barang-barang dan jasa-jasa, pada dasarnya tingkah laku manusia dalam menjalin hubungan dengan orang lain dengan tujuan memperoleh suatu jenis barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara tukar-menukar barang ataupun dengan menggunakan uang seperti pada saat ini,maksud dari pada bisnis adalah hubungan antar manusia untuk memperoleh sumber daya yang tersedia di masyarakat melalui proses yang namanya tukar-menukar,jual-beli  akan suatu barang atau jasa,karena pada dasarnya sumber daya yang tersedia jumlahnya relative terbatas sedangkan kebutuhan manusia tidak terbatas,maka dari itu manusia harus mencari cara dalam memenuhi kebutuhan hidupnya agar tercipta kepuasan yang maksimum,salah satu cara adalah melakukan kegiatan yang namanya bisnis.

2.     Bisnis pertama muncul pada era masyarakat primitif, kemudian masyarakat barter, masyarakat spesialisasi & diferensiasi, serta berkembang menjadi masyarakat yang sudah menggunakan alat pembayaran berupa uang.

3.     Jenis bisnis berdasarkan kegiatan: bisnis ekstraktif,bisnis agraris {bisnis di bidang pertanian},bisnis jasa {bisnis di bidang jasa},dan bisnis industry {bisnis yang kegiatannya mengolah bahan baku dan memproduksi suatu barang} ,berdasarkan kegunaan atau manfaat: Kegunaan bentuk,kegunaan tempat,kegunaan waktu,dan kegunaan pemilikan.

4.     Sistem Ekonomi adalah perekonomian yang diatur oleh suatu Negara atau di organisasi yang dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya,pandangan politik,dan ideology ekonomi yang dianut oleh suatu bangsa. Sistem perekonomian yang banyak dianut oleh Negara didunia ada tiga bentuk yaitu system pasar bebas,system ekonomi campuran,dan system ekonomi terpusat.

5.     Tujuan kebijakan bisnis adalah melindungi usaha kecil-menengah, melindungi lingkungan hidup disekitarnya, melindungi konsumen dan pendapatan pemerintah.


Tugas Minggu 2
1.     Faktor lingkungan internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi kegiatan suatu perusahaan serta contoh kasusnya adalah

Lingkungan Eksternal, adalah lingkungan perusahaan yang tidak berpengaruh langsung terhadap kegiatan perusahan. Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :

Lingkungan eksternal makro
Lingkungan eksternal makro adalah lingkungan eksternal  yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
  • Keadaan alam, seperti SDA, lingkungan.
  • Politik dan hankam, seperti kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada.
  • Hukum
  • Perekonomian
  • Pendidikan dan kebudayaan
  • Social dan budaya
  • Kependudukan
  • Hubungan internasional.

Lingkungan eksternal mikro
Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
  • Pemasok/supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
  • Perantara, misalnya distributor, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
  • Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
  • Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.

Lingkungan Internal, adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
  • Tenaga kerja
  • Peralatan dan mesin
  • Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
  • Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
  • System informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.

2.     Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang menggunakan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memperoleh laba. Contohnya adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang pelayanan jasa, perusahaan dagang yang kegiatanya adalah jual-beli barang dagang, perusahaan industri yang mengolah bahan baku menjadi produk yang dibutuhkan masyarakat.

3.     Yang termasuk faktor produksi dan peruntukannya masing-masing adalah Manusia: tenaga kerja/konsumen, Uang: Modal Usaha, Material: tanah & sumber alam, Metode: inisiatif produktif, ide, pengambilan keputusan, menanggung resiko.

4.     Perbedaan dan contoh PRODUCER ORIENTED APPROACH dan CONSUMER  ORIENTED  APPROACH adalah
PRODUCER ORIENTED APPROACH atau Pendekatan yang berorientasi pada produsen yaitu kegiatan produsen dalam menawarkan barang daganganya kepada konsumen, contohnya pedagang kaki lima yang menawarkan baju kepada para konsumen dengan harga terjangkau.
Sedangkan CONSUMER  ORIENTED  APPROACH atau pendekatan yang berorientasi pada konsumen adalah keinginan para konsumen untuk membeli suatu barang yang dijual produsen, contohnya yang ada di pasar tradisional, para konsumen yang menginginkan suatu barang yang dibutuhkan.

Tugas  Minggu 3
1.     Yang dimaksuk bentuk yuridis, lembaga keuangan bank, dan lembaga non bank serta contohnya adalah
·        Bentuk yuridis merupakan bentuk perusahaan seperti perusahaan perorangan, persekutuan, perseroan,dll.
·        Lembaga keuangan bank adalah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote.  Contohnya, Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat.
·        Lembaga Keuangan Non Bank adalah badan usaha yang melakukan kegiatan di bidang keuangan, secara langsung ataupun tidak langsung, menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat untuk kegiatan produktif. Contohnya,  asuransi, pegadaian, dana pensiun, reksa dana, dan bursa efek.

2.     Yang dimaksud dengan merger, kartel dan joint ventura adalah
·        Merger adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu, dimana perusahaan yang me-merger mengambil atau membeli suatu assets dan liabilities perusahaan yang di-merger dengan begitu perusahaan yang me-merger memiliki paling tidak 50% saham dan perusahaan yang di-merger berhenti beropersi dan pemegang sahamnya menerima sejumlah uang tunai atau saham di perusahaan yang baru. Contohnya,
·        Kartel merupakan persekutuan antara beberapa perusahaan sejenis dibawah suatu perjanjian tertentu.
·        Joint Ventura merupakan bentuk kerjasama antara beberapa perusahaan yang berasal dari beberapa negara menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih padat.

3.     Perbedaan firma dan cv serta perbedaan PT dan yayasan adalah
·        Perbedaan Firma dan CV adalah
Firma adalah sebuah bentuk persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama. Pemiliki firma terdiri dari beberapa orang yang bersekutu dan masing-masing anggota persekutuan menyerahkan kekayaan pribadi sesuai yang tercantum dalam akta pendirian perusahaan, sedangkan
CV (commanditaire vennootschap) atau Persekutuan Komanditer suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.

·        Perbedaan PT dan Yayasan adalah
PT atau Perseroan Terbatas adalah suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri darisaham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya, sedangkan
Yayasan adalah badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan yang bersifat sosial, keagamaan dan kemanusiaan, didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang ditentukan dalam undang-undang.

4.     Cara kerja leasing motor adalah
Motor yang ia tarik pun ada kriterianya,yaitu motor yang ada didata yang tunggakanya diatas 6 bulan keatas. Motor itu tidak mungkin ditemukan di rumah konsumen karena biasanya motor itu sudah berpindah tangan atau dijual tanpa BPKB dan sudah digadaikan oleh pihak pertama. Sebenarnya ada pihak resmi dari leasing,tetapi hanya berfokus pada masalah angsuran. Jika motor mengalami masalah penunggakan antara 1-3 bulan maka pihak kolektorlah yang bertugas untuk menagih. Namun jika sudah 4 bulan turunlah SKP(Surat Kuasa Penarikan) yang dikeluarkan oleh leasing. Motor yang sudah ditarik oleh debt collector lalu diberikan ke pihak leasing ,maka motor tersebut ditahan oleh leasing dan leasing akan memberikan jangka waktu selama 7 hari untuk melunasi sisa tunggakan angsuran motor tersebut. Jika dalam waktu 7 hari nasabah tidak bisa memenuhi kewajibanya melunasi sisa tunggakan maka motor tersebut akan dilelang. Lelang motor yang bermasalah diikuti oleh semua orang,tidak ada ketentuan khusus untuk mengikuti lelang motor yang diselenggarakan leasing. Jika sudah terjual maka uang hasil lelang tersebut digunakan untuk melunasi tunggakan angsurang ke dealer. Prosedur ini yang kebanyakan terjadi di dunia leasing. Yang berhak menarik pengadilan bukan debt collector.


Tugas Minggu 4

1.     Perbedaan kewiraswastaan, wiraswasta, dan wiraswastawan adalah
·        Kewiraswastaan kemampuan dan kemauan seseorang untuk menanggung resiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan uang, waktu, usaha untuk memulai suatu perusahaan.
·        Wiraswasta adalah pemilik usaha yang dirintisnya sendiri dengan memanfaatkan sumber-sumber daya yang ada, bertanggung jawab atas usahanya dan tidak terlepas dari risiko.
·        Wiraswastawan adalah seseoranng yang memiliki kemampuan dari manusia yang lain seperti kemaupuan berdiri diatas kekuatan sendiri, mengambil resiko, menentukan tujuan, memiliki semangat bersaing, kreatif dan inofatif.

2.     Yang dimaksud franchising, franchisor, dan franchisee adalah
·        Franchisor atau pemberi waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
·        Franchisee atau penerima waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.
·        Franchising adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektualyang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

3.     Lima contoh Franchising dalam negeri untuk bidang makanan, jasa kecantikan, dan pendidikan adalah
·        Bidang makanan: California Fried Chicken, Beef Bowl, Isabento, Es teler 77, King Friend Chicken & Steak, Mie Tek Tek, Holland Bakery.
·        Bidang jasa kecantikan: Meji Mejiku Nail Salon, Aesthedica Skin Care, Pure Beauty Care, VZ Skincare, Mustika Ratu.
·        Bidang pendidikan: Global Art, Primagama, LPIA, Ganesha, Al-Azhar.

4.     Yang dimaksud perusahaan kecil adalah perusahaan yang berdiri sendiri, investasi modal terbatas, daerah operasi lokal, dan ukuran secara keseluruhan relatif kecil.
Lima contoh perusahaan kecil yang ada disekitar kampus Gunadarma adalah usaha percetakan dan fotocopy, usaha pengetikan, usaha rumah makan, usaha kaki lima, dan usaha rental komputer.

Tugas Minggu 5

1.     Fungsi manajemen dan aplikasinya pada diri sebagai seseorang mahasiswa serta manfaatnya adalah
·        Planning (Perencanaan): Merupakan proses kegiatan pemikiran, dugaan dan penentuan prioritas-prioritas yang harus dilakukan secara rasional sebelum melaksanakan tindakan yang sebenarnya.
·        Organizing (Pengornisasian): Proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan orang yang menduduki fungsi-fungsinya tersebut secara tepat.
·        Directing (Pengarahan): Mengarahkan bawahan, sehingga pimpinan secara manusiawi bisa mengikat bawahan untuk bekerja sama secara sukarela menyumbangkan tenaganya seefisien dan seefektif mungkin untuk mencapai tujuan organisasi.
·        Coordinating (Pengkoordinasian): Agar terdapat komunikasi atau kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiataan sehingga tercapai tujuan organisasi.
·        Controlling (Pengawasan): Perbaikkan-perbaikkan yang perlu dilakukan jika terjadi penyimpangan pelaksanaan dari perencanaan.

2.     Latar belakang sejarah manajemen adalah
Fredrick Winslow Taylor “Bapak” manajemen ilmiah. Publikasi: Principles of Scientific Management (1911). 5 Prinsip Manajemen Taylor :
1.Mengembangkan sains bagi setiap elemen kerja individu, yang akan mengganti metoda rule-of-thumb yang lama.
2.Memilih kemudian melatih, mengajar, dan mengembangkan pekerja secara ilmiah.
3.Bekerjasama secara tulus dg pekerja demi menjamin semua pekerjaan yang dilakukan sesuai dg prinsip-prinsip ilmiah yang telah   dikembangkan.
4.Membagi kerja dan tanggungjawab secara sama antara manajemen dan pekerja.    
5.Manajemen mengambil alih seluruh pekerjaan pada saat hal itu lebih layak dilakukan ketimbang para pekerja.

3.     Ciri ketrampilan yang dibutuhakan manajer profesional adalah
DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
a. Pemimpin Lambang (Figurehead), Kepala Simbolis ; diperlukan untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan sosial.
b. Pemimpin (Leader), Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan bawahan ; bertanggung jawab untuk mengisi posisi yang kosong (staffing), melatih dan tugas-tugas yang terkait.
c. Penghubung (Liaison), Memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan dan informasi.
DENGAN INFORMASI
a. Pemantau (Monitor), Sebagai pusat saraf informasi internal dan eksternal tentang organisasi.
b. Penyebar (Dissiminator), Meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organisasi.
c. Juru bicara (Spokesperson), Meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan dan hasil organisasi.
DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
a. Wirausaha (Entrepreneur), Mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai “proyek-proyek perbaikkan” untuk menimbulkan perubahan.
b. Pengendali Gangguan (Disturbance Handler), Bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting.
c. Pengalokasi Sumber Daya (Resource Allocator), Bertanggung jawab terhadap alokasi segala sumber daya organisasi.
d. Perunding (Negotiator),Mewakili organisasi pada perundingan-perundingan utama.
4.     Organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada. Organisasi juga dapat diartikan sebagai suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Elemen-elemennya adalah interaksi manusia, kegiatan yang mengarah pada tujuan, dan struktur organisasi itu sendiri.

Tugas Minggu 6

1.     Perbedaan pasar dengan pemasaran adalah pasar merupakan kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelinya. Sedangkan pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit ataupun non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

2.      Pasar industri adalah pembelinya bisa individu, lembaga atau organisasi. Mereka membeli barang untuk dipakai sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk digunakan memproduksi barang lain yang kemudian dijual ke konsumen. Biasanya barang yang dibeli adalah barang industri. Contohnya sabun dan vaselin untuk usaha cuci motor atau gula, buah-buahan dan es batu untuk usaha juice.

Pasar Penjual Adalah sebuah pasar yang terdiri atas individu atau organisasi yang membeli barang-barang dengan tujuan dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan keuntungan atau laba. Contohnya anda buka grosir buah murah, anda jual ke pedagang eceran. Membeli kepiting bakau dari pengepul di Kalimantan, kemudian dijual ke eksportir.


3.     Yang dimaksud konsep inti pemasaran adalah
·        konsep produksi: konsumen menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan dan manajemen berkonsentrasi pada efisiensi produksi dan distribusi;
·        konsep produk: konsumen menyukai produk yang bermutu dan kinerja baik serta keistimewaan yang mencolok, manajemen harus memperbaiki terus-menerus produknya;
·        konsep penjualan: konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan yang baik dan
·        konsep pemasaran: Penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan secara lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing.

4.     Empat variabel bauran promosi adalah
·        Produk: Suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.
·        Harga: Sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang besarta pelayanannya.
·        Promosi: Arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
·        Saluran Distribusi: Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan dari produsen ke konsumen atau pembeli industri.

5.     Beberapa alternatif sistem pemasaran adalah
·        Memaksimumkan Konsumsi: Pekerja pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum akhirnya, menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum.
·        Memaksimumkan Kepuasan Konsumen: Memaksimumkan kepuasan konsumen bukan konsumsi, untuk mengukur kepuasan konsumen tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
·        Memaksimumkan Mutu Hidup: termasuk didalamya kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga pokok barang, mutu lingkungan fisik, dan mutu lingkungan kultur.

Tugas Minggu 7
1.     Faktor-faktor penunjang perkembanagan manejemen produksi yaitu, adanya pembagian kerja dan spesialisasi, revolusi industri, perkembangan alat dan teknologi termasuk komputer, juga perkembangan ilmu dan metode kerja.

2.     Pergertian produksi adalah suatu kegiatan atau proses yang mentransformasikan masukan (input) menjadi keluaran (output). Dalam arti sempit produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang baik barang setengah jadi, barang jadi, barang industri, suku cadang, dan komponen penunjang.  Contoh dari produksi adalah
·        Ulat sutra menghasilkan benang sutra, lalu benang sutra diolah menjadi kain, kemudian kain dibentuk menjadi pakaian.
·        Pohon karet menghasilkan getah karet, lalu getah karet diolah menjadi keret, kemudian dibentuk menjadi ban sepeda, ban motor, ban mobil, dll.
·        Gandum menghasilkan biji gandum, lalu biji gandum diolah menjadi tepung gandum, tepung gandum diolah menjadi berbagai jenis makanan.
·        Seekor sapi dapat menghasilkan susu, lalu susu diolah menjadi keju dan mentega, kemudian keju dan mentega diolah menjadi berbagai jenis makanan.
·        Seekor domba dapat dimanfaatkan bulunya, lalu bulu domba diolah menjadi benang wol, kemudian benang wol diolah lebih lanjut menjadi berbagai macam pakaian.

3.     Proses produksi terus-menerus adalah proses produksi barang atas dasar aliran produk dari satu operasi ke operasi berikutnya tanpa penumpukan disuatu titik dalam proses. Pada umumnya industri yang cocok dengan tipe ini adalah yang memiliki karakteristik yaitu output direncanakan dalam jumlah besar, variasi atau jenis produk yang dihasilkan rendah dan produk bersifat standar. Contohnya industi otomotif, industri air mineral, industri portland cement, industri susu, industri makanan, dan industri ban.

4.     Empat macam pengambilan keputusan adalah pengambilan keputusan atas peristiwa yang pasti, pengambilan keputusan atas peristiwa yang mengandung resiko, pengambilan keputusan atas peristiwa yang tidak pasti, dan pengambilan keputusan atas peristiwa yang timbul karena pertentangan dengan keadaan yang lain.

5.     Ruang lingkup menajemen produksi yaitu, seleksi dan design hasil produksi, seleksi dan perangcangan proses serta peralatan, pemilihan lokasi perusahaan serta unit produksi,  perangcangan tata letak dan arus kerja dan proses, perancangan tugas, serta strategi produksi dan operasi serta pemilihan kapasitas.

Tugas Minggu 8

1.     Yang dimaksid dengan nilai waktu uang adalah konsep yang menjabarkan bahwa uang yang tersedia pada saat ini lebih berharga dibandingkan uang dalam jumlah sama yang tersedia di masa yang akan datang.

2.     Arti bunga jika seseorang menabung sejumlah dana di bank yaitu balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya.

3.     Yang dimaksud nilai waktu uang yang akan datang adalah nilai uang dimasa yang akan datang dari uang yang diterima atau dibayarkan pada masa sekarang dengan memperhitungkan tingkat bunga setiap periode selama jangka waktu tertentu.

4.     Contoh kasus untuk mengaplikasikan soal nomor 3 adalah Sebuah perusahaan memperoleh pinjaman modal dari suatu bank sebesar Rp 5,000,000 untuk mebeli peralatan produksi dengan jangka waktu 5 tahun bunga yang dikenakan sebesar 18 % per tahun berapa jumlah yang harus dibayar oleh perusahaan tsb pada akhir tahun ke 5?
FV = Po (1+i)n
FV = Rp 5,000,000 (1+0.18)5
FV = Rp 11,438,789
Jadi jumlah yang harus dibayarkan perusahaan kepada bank sebesar Rp 11,438,789
5.     Yang dimaksud dengan nilai tunai anuitas adalah kontrak di mana perusahaan asuransi memberikan pembayaran secara berkala sebagai imbalan premi yang telah Anda bayar. Anuitas umumnya dibeli untuk pendapatan pensiun. Anuitas digunakan untuk usaha di bidang asuransi.

Tugas Minggu 9

1.     Manajemen keuangan adalah segala kegiatan menajemen yang berkaitan dengan aktifitas mencari dana dengan biaya seefisien mungkin dan aktifitas menggunakan dana seefektif mungkin. Keputusan menajer keuangan adalah keputusan pembelanjaan (financing), keputusan pembiayaan (investasi), kebijakan deviden (deviden policy). Seorang menajer keuangan berkaitan erat dengan perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengendalian keuangan.

2.     Yang dimaksud dengan kapital budgeting adalah penggunaan dana atau modal yang waktu kembalinya lebih dari satu tahin (jangka panjang). Dengan kata lan berrkaitan dengan keputusan investasi pada aktiva tetap. Metode perhitungannya yaitu:  Metode Average of return, Metode waktu pengembalian investasi, Metode net present value, Metode Profitability Index, dan Metode internal Rate of Return.

3.     Alasan manajer keuangan mencari dana adalah untuk membiayai kegiatan perusahaan yaitu investasi dan membayar deviden kepada para pemegang saham.

Tugas Minggu 10

1.     Metode pendekatan sumber daya manusia adalah
·        Pendekatan sumber daya manusia pengelolahan dan pendayagunaan sumber daya manusia, martabat dan kepentingan manusia tidak diabaikan.
·        Pendekatan Manajerial, analisis prestasi pekerja dan kehidupan kerja karyawan tergantung pada atasan.
·        Pendekatan sistem, personalia merupakan subsistem dari sistem prganisasi atau perusahaan, perlu dievaluasi dengan kriteria besarnya kontribusi yang dibuat.
·        Pendekatan proaktif, dapat meningkatkan kontribusi kepada karyawan, menajer, dan organisasi melalui antisipasi pada masalah yang timbul.

2.     Organisasi membuat rancangan kompensasi bagi karyawannya karena untuk menarik karyawan yang cakap ke dalam organisasi, memotivasi karyawan untuk mencapai prestasi unggul, dan mencapai masa dinas yang panjang.

3.     Perbedaan analisis beban kerja dan analisis tenaga kerja adalah analisis beban kerja meliputi peramalan penjualan, penyusunan jadwal waktu kerja, dan penentuan jumlah tenaga kerja untuk membuat satu unit barang. Sedangkan analisis tenega kerja meliputi perhitungan jumlah tenaga kerja yang sesungguhnya dapat tersedia pada satu periode.

4.     Yang akan dilakukan karyawan jika terjadi ketidak sepakatan dengan perusahaan tempat mereka bekerja yaitu boikot, pemogokkan, penghasutan, dan memperlambat kerja.

5.     Hubungan yang mengatur antara tenaga kerja dengan manajer suatu perusahaan adalah Closed Shop Agreement, Union Shop Agreement, dan Open Shop Agreement.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar